Search_Data

Jumat, 25 Maret 2011

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru STT POMOSDA


INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU STT POMOSDA 
TAHUN AKADEMIK 2011-2012


1.       PENDAHULUAN

Dalam memasuki millenium baru, umat manusia sudah merambah pada pola komunikasi dan pengelolaan kehidupan semakin canggih, yang merupakan konsekuensi logis dari perjalanan panjang manusia dalam penguasaan IPTEK.
Lembaga pendidikan tinggi selalu menjadi tempat yang terdepan posisinya dalam memicu setiap gerak dari perkembangan tersebut.
Penguasaan IPTEK semestinya selalu diarahkan untuk tujuan mulia, dalam menghamba kepada-Nya menjadikan IPTEK membawa kemanfaatan seluas-luasnya bagi peradaban manusia (Rahmatan Lil’alamin), dan sudah menjadi kewajiban kemanusiaan itu sendiri dari Sang Khaliq sebagai khalifah-Nya diatas bumi ini.

STT POMOSDA sebagai salah satu perguruan tinggi teknologi yang berkedudukan di Tanjunganom Nganjuk, menitikberatkan pada perspektif IPTEK yang membawa berkah dan manfaat. Berupaya mengarahkan civitas akademika yang berkehedak menjadi pengembang dan pengguna IPTEK menjadi insan yang bermanfaat bagi kehidupan di atas bumi ini, karena belajar sadar “Katut Siliring Qudratullah” (Kekuasaan atas segala aktifitas mahluk ada di “Tangan-Nya”).
Mulai sejak tahun akademik 2000/2001 telah mendapatkan legitimasi dari pemerintah untuk membuka dan menyelenggarakan  2 (dua) program studi, yakni Teknik Industri dan Teknik Informatika (SK Dirjen Dikti No. 027/D/O/2001).

STT POMOSDA merupakan perguruan tinggi umum yang berada dalam pola pendidikan system pondok pesantren, mengacu dan berpedoman pada “Qoidah-IX”, suatu rumusan kaidah yang prinsip-prinsipnya telah digariskan oleh Bp. KH. Hasan Ulama dan dibakukan oleh Bp. Imam Mursyid Muttaqien, keduanya di Takeran, sejak hampir 100 tahun silam, dan merupakan pedoman dalam menyelenggrakan pendidikan, serta pedoman untuk hidup bermasyarakat atas dasar nilai-nilai Tauhid Islam.


2.       TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan STT POMOSDA adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi generasi “arifun Billah” sebagai sumber daya At-Taqwa, bagi terwujudnya “Baldatun toyyibatun warobbun Ghofur”, dimana salah satunya adalah penguasaan terhadap disiplin keilmuan IPTEK yang juga diselenggarakan oleh STT POMOSDA, yakni :

TEKNIK INFORMATIKA,  merupakan program studi yang bertujuan menyiapkan peserta didik untuk dapat menguasai teknologi informasi yang saat ini menjadi salah satu tulang punggung kemajuan peradaban manusia. Mempersempit batasan wilayah geografis dunia dan membuka suatu komunitas masyarakat global yang berkembang pesat dengan adanya teknologi informasi yang makin akurat, cepat, efektif, dan efisien.

TEKNIK INDUSTRI, merupakan program studi yang bertujuan agar peserta didik kelak dapat mengelola industri dan jasa (bisnis) secara baik dengan menggunakan metode ilmiah  modern disertai kemampuan penguasaan teknologi tinggi dalam bidang industri umumnya dan khususnya manufaktur dan manajerial. Mempelajari pola hubungan antar manusia dengan alat/mesin–mesin produksi, agar terwujud suatu proses yang akurat cepat, effektif, dan efisien.

Kedua program studi tersebut diatas bertujuan mempersiapkan tenaga ahli yang profesioanal yang mempunyai dasar pemikiran yang analitik, eksperimental berbasis ilmu perekayasaan dan rancang bangun sistem.

3.       VISI DAN MISI
               
        Visi STT POMOSDA, Menjadikan STT POMOSDA sebagai salah satu pusat perkembangan pendidikan tinggi IPTEK yang handal dan bermartabat berlandaskan Iman dan Taqwa.

        Misi STT POMOSDA, Menyatukan program pendidikan dan dakwah untuk menghasilkan insan cakap sebagai sumber daya at-taqwa bidang IPTEK, sehingga dapat memberikan sebanyak-banyaknya kemanfaatan bagi manusia dan lingkungannya, mampu menselaraskan program penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai langkah untuk mengembangkan Iptek yang mendukung percepatan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan bangsa menuju peradaban masyarakat madani.
               
4.       KURIKULUM

Kurikulum dan sistem pendidikan sepenuhnya mengikuti konsorsium ilmu-ilmu teknik dan ketentuan pemerintah ( kurikulum nasional).
Mata kuliah wajib program studi Teknik Informasi diantaranya : Kalkulus, Pengantar Teknologi Informasi, Algoritma dan Struktur Data, Sistem Digital, Sisitem Informasi, Sistem Operasi Komputer, Arsitektur Komputer, Sistem Telekomunikasi, Jaringan Komputer, dll.
Sedangkan program studi Teknik Industri antara lain : Manajemen Umum, Konsep Teknologi, Pengantar Teknologi Informasi, Statistik, Permodelan Sistem, Sistem manufaktur, Riset Operasi, Manajemen Kualitas, Sistim Robotika, Teori  Keputusan, Elemen mesin,dll.
Disamping itu juga diberikan mata kuliah-mata kuliah pendukung yang nantinya bisa memberikan sentuhan yang berbeda setelah para mahasiswa tersebut menyandang sebagai alumni STT POMOSDA.  Mata kuliah tersebut antara lain:  Pendidikan Agama, Komunikasi Personal, Etika Profesi dll.

5.       JADWAL DAN BIAYA PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Jadwal Pendaftaran
·         Dimulai tanggal   : April s/d September 2011



Seleksi dan Pengumuman calon mahasiswa
·         Hari/tanggal          :  Senin, 12 September 2011
·         Materi test            :  Matematika & TPA (Tes Potensi Akademik)
·         Pengumuman      :  Selasa, 13 September 2011

Kegiatan Ospek        :  dimulai hari tanggal : 14 s/d 17 September 2011

Syarat pendaftaran
·         Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-
·         Menyerahkan 1 (satu)  lembar pasfoto  ukuran 3 x 4, dengan nama pemiliknya dibalik masing-masing pasfoto tersebut.
·         Menyerahkan 2 (dua) lembar salinan Surat Tanda Kelulusan (Ijazah) SLTA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah, atau Pejabat Departemen Pendidikan setempat bagi SLTA swasta atau yang setara
·         Menyerahkan pas foto bewarna dengan latar belakang warna merah, ukuran :
o   4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar 
o   3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar
o   2 x 3 sebanyak 2 (dua) lembar
·         Menyerahkan Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas.
·         Menyerahkan Foto Kopi Akta kelahiran 1 Lembar


Rekap Biaya Administrasi
1)      Biaya Pendaftaran  dan Kegiatan OSPEK
·         Biaya Pendaftaran                                                                                   Rp.   150.000,-
·         Jas Almamater                                                                                          Rp.   125.000,-
·         Seragam OSPEK                                                                                        Rp      85.000,-
·         Biaya OSPEK                                                                                               Rp.   100.000,-
Total Biaya Adm.                                      Rp.  460.000,-

2)      Biaya Peralatan Asrama (Almari, Karpet, dan Bantal) : Rp.  175.000,-
3)      Biaya perkuliahan  (termasuk praktikum)
disusun dalam sistem paket                                                           : Rp.  150.000,-/bln

Rincian sbb :
a.       Uang Kuliah                                                                                   : Rp. 125.000,-
b.      Iuran Perpustakaan & Prak. Komputer                              : Rp    25.000,-

4)      Sedangkan biaya Asrama/Pondok                                               : Rp.    175.000,-/bulan

Proses  Perkuliahan :
·         Awal Perkuliahan KBM 2011-1 tahun akademik 2011/2012 tanggal 19 September 2011

Metode perkuliahan
·         Terstruktur, Mandiri dan Tatap muka
·         Praktikum/penelitian (di Laboratorium/Lapangan)
·         Kerja Praktek ( kuliah lapangan di beberapa perusahaan)
·         Tugas Akhir/Skripsi
    
      *) Terkait dengan beberapa perubahan yang terjadi akan disampaikan lebih lanjut.

0 komentar: